KESEHATAN ORGAN REPRODUKSI

MANFAAT BUAH KEDONDONG BAGI KESEHATAN ORGAN TUBUH

Buah kedondong, ketika mendengar nama buah ini pasti langsung terbayang rasa yang asam namun menyegarkan dari buah ini. Buah kedondong merupakan salah satu jenis buah yang rasanya sangat asam, sehingga sangat jarang dikonsumsi begitu saja atau istilah umumnya adalah “digado”. Buah kedondong biasanya merupakan buah yang menjadi campuran dari rujak.

MANFAAT BUAH KEDONDONG BAGI KESEHATAN ORGAN TUBUH

manfaat buah kedondongBiasanya buah kedondong dikaitkan dengan ritual ngidam yang dialami oleh ibu hamil. Selain itu, beberapa pengalaman juga mengatakan bahwa buah kedondong pada rujak lebih disenangi oleh wanita daripada pria. Buah kedondondong sendiri sudah banyak sekali olahannya. Jadi tanpa harus “digado” buah kedondong pun dapat dinikmati oleh anda. berikut ini adalah beberapa hasil olahan dari buah kedondong :

  • Manisan kedondong
  • Rujak
  • Keripik kedondong
  • Saus asam manis atau saus asam pedas
  • Asinan
  • Jus Buah Kedondong

Kedondong sendiri memiliki ukuran yang kecil dan memiliki tekstur yang keras. Biasanya dimakan dengan cara diiris tipis terlebih dahulu ataupun dipotong kecil-kecil. Namun, walaupun memang rasanya yang identik dengan rasa asam, buah kedondong memiliki banyak sekali kegunaan bagi tubuh kita. 

  • Baik Untuk Saluran Pencernaan
    Mengkonsumsi buah kedondong secara rutin baik untuk saluran pencernaan karena buah kedondong terdapat kandungan serat 100 gram buah kedondong yang mencapai 0,83-3,60 mg sangat bermanfaat untuk melancarkan fungsi saluran cerna.
  • Kedondong Untuk Obat Sakit Perut
    Gunakan 15 gram, lalu kulit batang kedondong yang masih segar dan lalu cuci bersih, Setelah dicuci kemudian dipotong-potong kecil, Rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit, Setelah air rebusan dingin segera saring, dan air hasil saringan bisa diminum 2x sehari.
  • Kedondong Untuk Mengobati Borok dan Luka Terbakar
    Daun kedondong juga digunakan secara tradisional untuk mengobati obat borok, luka perih dan luka terbakar.
  • Kedondong Untuk Mengobati Diare
    Gunakan kurang lebih 15 gram kulit batang kedondong segar yang telah dicuci bersih, Lalu potong kecil-kecil dan rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit, Tunggu sampai dingin lalu saring dan air hasil saringan dapat diminum 2 kali sehari.
  • Kedondong Untuk Obat Batuk
    Siapkan 3 buah kedondong kemudian cuci hingga bersih, Setelah itu parut buah kedondong hingga selesai, Tanpa ditambah air peras airnya dan berikan sedikit garam, Siap untuk diminum 2x dalam sehari.
  • Kedondong Untuk Mengatasi Anemia
    Dengan mengkonsumsi 100 gr sudah mencukupi asupan 30 mg zat besi, yang mempermudah membantu proses pembentukan sel darah merah.
    Sebagai antioksidan
    Buah kedondong sebagai antioksidan mampu menangkal virus jahat atau radikal bebas. Karena kandungan vitami A dan Vitamin C mampu menjaga tubuh dari serangan radikal bebas baik dari dalam maupun dari luar.
  • Kedondong Untuk Kesehatan mata
    Adanya kandungan vitamin A pada buah kedondong sehingga berperan penting dalam kesehatan indera penglihatan manusia. Vitamin ini membantu menyalurkan objek yang diterima oleh retina mata ke otak sebagai sebuah gambar. Senyawa yang berperan dalam hal ini adalah retinol.
  • Kedondong Untuk Menambah daya tahan tubuh
    Dengan adanya kandungan zat gizi yang terkandung dalam buah kedondong berupa unsur gula dalam bentuk sukrosa tentunya sangat penting sebagai vitalitas dan daya tahan tubuh.
  • Kedondong Untuk Mencegah penyakit jantung
    Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, kedondong mengandung kalsium, seperti ayng ktia ketahui, kalsium sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung.
  • Kedondong Untuk Penyembuhan luka
    Dengan adanya kandungan Vitamin A, sehingga dapat membantu untuk menjaga kesehatan jaringan di dalam tubuh kita. Karenanya buah kedondong ini dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.
  • Kedondong Untuk Mengatasi anemia
    Kandungan zat besi dalam 100 gram buah kedondong mencapai 30 miligram, dapat membantu proses pembentukan sel darah merah. Selain zat besi, rupanya buah kedondong juga mengandung vitamin B1 yang dapat membantu produksi sel darah merah dan meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh dan mencegah anemia.
  • Kedondong Untuk Pemulihan tubuh
    Kandungan vitamin C pada buah kedondong dapat membantu menjaga kekebalan tubuh dan membantu dalam proses pemulihan tubuh setelah melakukan aktivitas rutin yang mengeluarkan banyak tenaga.
  • Kedondong Untuk Mengendalikan kadar kolesterol
    Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah kedondong juga membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu, yang mengimplikasi untuk tingkat kolesterol darah dan timbulnya batu empedu. Jadi Mengkonsumsi buah kedondong secara teratur maka akan dapat membantu menjaga kadar kolesterol.
  • Kedondong Untuk Mencegah penuaan dini
    Kandungan vitamin C buah kedondong juga dapat melindungi molekul penting, seperti protein, lipid, karbohidrat, dan asam nukleat (DNA dan RNA) dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas, racun, ataupun polusi. Radikal bebas merupakan salah satu faktor penyebab penuaan dini.
  • Kedondong Untuk Menjaga kesehatan tulang dan gigi
    Kandungan fosfor yang terdapat dalam buah kedondong  bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Mengkonsumsi Buah kedondong dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi karena usia lanjut.
  • Kedondong Untuk Mengobati Sariawan
    Kandungan vitamin C dalam buah kedondong dapat mencegah dan mengobati sariawan, Jika kita rutin mengkomsumsi buah kedondong maka akan terhindar dari luka sariawan bibir.
  • Kedondong Untuk Menjaga Dan Membuat Tubuh Tetap Terasa Segar
    Jika kita mengkonsumsi buah kedondong secara rutin maka akan tersara segar karena buah kedodong termasuk salah satu buah yang tinggi akan kandungan serat dan vitamin C.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment