KESEHATAN ORGAN REPRODUKSI

CARA MENGATASI KERUSAKAN ORGAN RAMBUT PENYEBAB RONTOK

Rambut adalah mahkota bagi setiap manusia, khususnya untuk wanita. Rambut dianggap juga sebagai hal yang sangat penting, disamping dapat mempercantik seorang wanita, rambut juga dapat dijadikan ajang untuk bergaya bagi seseorang. Seperti halnya menggunakan facebook, jika tidak ada teman rasanya tidak ada gunanya menggunakannya.

Tapi semua itu akan sia-sia jika anda mengalami rambut rontok. Dan jika sudah parah anda dapat mengalami kebotakkan. Pasti anda tidak mau mengalami itu bukan?

Nah berikut akan saya paparkan beberapa tips mengatasi rambut rontok dengan berbagai macam bahan yang dapat dengan mudah anda temukan.
 
Rambut rontok adalah salah satu masalah yang terdapat pada rambut yang paling sering ditemukan pada kebanyakan orang. Penyebab kerontokan rambut juga bermacam-macam, bahkan hampir semua orang pernah mengalami  masalah rambut rontok ini. Orang-orang yang mengalami masalah ini mulai dari yang anak-anak hingga orang tua berusia lanjut. Namun kerontokan rambut dengan jumlah yang sedikit dianggap masih normal.

Akan tetapi, jika jumlah kerontokan rambut memasuki jumlah yang tidak normal maka dapat mengakibatkan kebotakan. Kerontokan rambut yang dapat mengakibatkan kebotakan tentunya akan sangat mengganggu dan mengakibatkan orang tersebut mengalami penurunan rasa percaya diri. dan kerontokannya juga sangat beragam, ada yang botak ditengah-tengah, bagian depan kepala atau botak sedikit pada bagian kepala.


CARA MENGATASI KERUSAKAN ORGAN RAMBUT PENYEBAB RONTOK

Rambut rontok bukanlah hal yang diinginkan, karena rambut rontok yang berlebihan akan mengakibatkan penipisan pada rambut, dan bagi orang sangat memperhatikan penampilan memiliki rambut yang rontok adalah hal yang sangat fatal. Pada setiap tahunnya akan ada peningkatan jumlah penederita rambut rontok. Penyebab kerontokan rambut pada umumnya disebabkan oleh kurangnya perawatan atau juga kurangnya perhatian pada kesehatan.

Penyebab Kerontokan Rambut

Makanan
Makanan adalah penyebab rambut rontok yang paling sering ditemukan, karena dengan salah memilih makanan justru akan dapat mengakibatkan hal yang buruk baik itu dengan kesehatan tubuh atau kesehatan rambut. Terkadang makanan yang berlemak dan pedas, akan memberikan rasa yang sangat nikmat di mulai dari makanan yang biasa saja hingga makanan yang sangat lezat sekalipun.

Tapi ada hal yang perlu anda ketahui bahwa makanan tersebutlah yang menjadi awal munculnya penyakit-penyakit di dalam tubuh jika tidak diimbangi dengan melakukan olahraga. Salah satunya adalah kulit kepala akan menjadi kelebihan minyak, serta akan menjadi penyebab rambut rontok dan penyebab kerontokan rambut. atau malah tambah bertambah masalah baru seperti munculnya ketombe.

Obat-obatan
Pada dasarnya bahan-bahan kimia memang memiliki efek samping tentunya dalam jumlah yang sangat banyak. Dan hal tersebut juga akan ditemukan pada berbagai banyak obat, yang efeknya dapat merontokkan rambut. Akan tetapi, obat-obatan yang digunakan sudah selesai maka kerontokan pun akan berhenti, jadi tidak heran jika obat menjadi penyebab rambut rontok.

Penggunaan Alat Rambut

Penggunaan hair styling seperti haidryer, sisir rambut, penggunaan alat ikat rambut, tentunya akan memberikan hasil rambut yang lebih indah dan enak dipandang. Akan tetapi, jika hal tersebut dilakukan dalam jangkan waktu yang lama dan berlebihan atau tidak sesuai dengan aturan, maka jangan kaget jika rambut anda menjadi rontok, karena alat-alat tersebut bisa menjadi penyebab kerontokan rambut.

Gangguan Emosional
Gangguan emosional atau lebih di kenal dengan sebutan stress adalah salah satu penyebab rambut rontok yang cukup sering ditemukan pada orang-orang yang mengalami kerontokan penyebab kerontokan rambut yang satu ini tentunya tidak asing lagi. Seseorang yang memiliki gangguan emosional akan merasa sangat tertekan atau stress. Dan hal inilah yang menjadi salah satu penyebab rambut rontok

Kekurangan Gizi dan Vitamin
Banyak orang-orang yang melakukan program diet yang sangat ketat sehingga dapat mengakibatkan tubuh mengalami kekurangan vitamin dan gizi yang penting untuk kesehatan tubuh dan kesehatan rambutnya. Tentunya hal ini akan memberikan dampak yang buruk bagi rambut, salah satunya menjadi penyebab kerontokan rambut bahkan dalam jumlah yang cukup banyak. Maka dari itu, untuk menghentikan kerontokan tersebut, tentunya anda harus mencukupi kebutuhan gizi dan vitamin yang diperlukan tubuh dan rambut anda.

Penyakit
Ada beberapa jenis penyakit tertentu yang menyebabkan kerontokan rambut yang cukup parah. penyebab rambut rontok yang berlebih lainnya adalah dikarenakan penyakit kronis tertentu. Diantaranya seperti penyakit diabetes dan juga penyakit lupus. Kedua penyakit kronis ini akan membuat rambut anda menjadi rontok dalam jumlah yang banyak.

Infeksi
Penyebab kerontokan rambut selanjutnya adalah infeksi. Infeksi yang terjadi pada kulit  kepala akan membuat rambut anda menjadi rontok  dan untuk menghentikan permasalahan rambut rontok ini. Anda hanya perlu menggunakan antijamur kerontokan rambut, dengan anda memberikan antijamur ini, maka dapat menghentikan kerontokan yang terjadi pada rambut anda.

Kehamilan dan Persalinan
Penyebab kerontokan rambut yang terakhir adalah kehamilan dan persalinan, tentunya masalah yang satu ini akan ditemukan pada wanita. pada saat sedang hamil  atau setelah melahirkan atau menyusui, banyak wanita yang akan mengalami kerontokan rambut.  Dan kerontokannya juga dalam jumlah yang cukup banyak.

Setelah melahirkan sekitar waktu 3 bulan ke depan, hasilnya akan terlihat dengan kerontokan yang cukup parah. Penyebab rambut rontok yang satu ini sangat umum dialami oleh wanita yang sedang hamil dan melahirkan. Hingga waktu beberapa bulan kemudian barulah rambut akan pulih kembali dan tidak akan rontok lagi, atau juga masih rontok namun dalam jumlah yang sedikit tidak seperti pada awal.

Penyebab Rambut Rontok

Faktor Eksternal

Gaya Rambut
Faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok adalah sering mengubah-ubah gaya rambut. Untuk itu pastikan terlebih dahuku kesehatan rambut anda sebelum anda mengubah gaya rambut. Karena beberapa gaya rambut dapat menyebabkan rambut menjadi tertarik hingga akarnya. Selain itu juga dapat membuat rambut lebih cepat rapuh dan mudah patah.

Faktor Internal

Keturunan
Faktor internal penyebab terjadinya rambut rontok adalah dikarenakan faktor keturunan. Hal tersebut dapat disebabkan jika salah satu dari orang tua memiliki gen yang dapat menyebabkan rambut rontok, sehingga hal itu dapat diturunkan pada anak-anak mereka. Biasanya hal tersebut dapat diketahui dengan cara memeriksakan diri pada ahli kulit.

Hormon
Hormon yang tidak seimbang dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Sehingga terkadang ibu yang sedang hamil atau mengandung biasanya akan mengalami ketidakseimbangan horon yang dapat menyebabkan rambut menjadi rontok yang cukup parah.

Stres
Stres adalah salah satu penyebab rambut rontok. Biasanya rambut menjadi lebih mudah rontok ketika sedang mengalami hal yang dapat menyebabkan stres. Pada saat mengalami stres rambut menjadi lebih cepat rontok dibandingkan pada saat-saat biasa.

Penyakit
Penyakit diabetis dan lupus dapat menyebabkan terjadinya kerontokan pada rambut.
Demikian artikel kali ini mengenai penyebab rambut rontok yang wajib diketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menghindari anda dari penyebab kerontokan pada rambut. Terima kasih dan sampai bertemu lagi.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Pijat Kulit Kepala
Seringlah melakukan pijitan pada kulit kepala anda, dengan melakukan dengan santai dan lebih terasa nyaman. Karena dengan melakukan hal tersebut dapat membuat proses sirkulasi pada bagian rambut anda menjadi lanjar dan baik. Saat pemijatan bisa juga anda menggunakan minyak yang sudah terpecaya.

Menggunakan Lidah Buaya
Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di aloevera atau lidah buaya dapat membuat rambut anda lebih baik terutamanya menjadikan rambut tebal dan subur. Anda bisa melakukannya dengan cara mengambil lidah buaya lalu memotong menjadi dua bagian. Lalu ambil lendirnya dan oleskan pada seluruh bagian rambut sambil memijti-mijit. Dan diamkan kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air.

Telur
Protein tinggi yang terdapat di dalam telur, bisa kita manfaatkan sebagai obat mengatasi rambut rontok. Adapun caranya adalah sebagai berikut. Ambil sebutir telur lalu kocok ke dalam sebuah wadah, lalu teteskan perasan jeruk lemun kedalam telur yang sudah di kocok tadi. Kemudian oleskan pada rambut anda.

Kurangi Mengingat Rambut
Jika anda suka mengingat rambut, maka hal tersebut adalah bagian dari penyebabnya. Maka sekarang cobalah untuk mengurangi mengikat rambut. Tetapi jika anda ingin tetap mengikat rambut anda bisa melakukan hal demikian dengan alasan tidak terlalu kencang mengikatnya.

Madu
Sudah jadi rahasia umum bahwa madu sangat banyak sekali bisa mengobati berbagai masalah di kesehatan. Begitu juga dengan rambut rontok. Madu dapat membuat rambut menjadi subur dan lebih kuat. Nah, adapun cara penggunaanya dengan cara mengoleskan madu pada seluruh bagian permukaan kulit kepala dan rambut dengan sambil melakukan pemijatan selama 10 menit. Lakukanlah cara ini serutin mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment