KESEHATAN ORGAN REPRODUKSI

KHASIAT JERUK NIPIS BAGI KESEHATAN ORGAN WANITA

Jeruk nipis atau jeruk limau atau secara salah kaprah ada yang mengatakan lemon ini merupakan tumbuhan yang dimanfaatkan buahnya untuk berbagai kebutuhan manusia, seperti memasak yang dijadikan bumbu penyedap atau pemasam kuah, perawatan kulit yang bermasalah, membantu menurunkan berat badan, dan yang pasti menunjang kesehatan tubuh secara maksimal dari dalam.

Buah ini mengandung vitamin C paling tinggi yang sudah dikenal oleh masyarakat dunia dibandingkan jenis jeruk lain. Kandungan jeruk nipis lain misalnya vitamin C, karbohidrat, serat pangan, lemak, protein, kalsium, asam folat, vitamin B1, B2, B3, B5, dan mineral seperti zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Terdapat pula kandungan asam sitrat yang menciptakan rasa asam.

Musim dingin adalah waktu yang paling rentan membuat tubuh terserang penyakit seperti dingin dan batuk. Vitamin C di dalam jeruk nipis bisa menjadi solusi tepat untuk membantu Anda terjaga dari serangan penyakit musiman, kandungan antioksidan berupa flavonoid akan membantu menumpas virus agar tubuh kembali fit di cuaca ekstrim.

pH adalah ukuran keseimbangan asam dan basa di dala tubuh, kondisi basa (alkali) menunjukkan tubuh dalam kondisi sehat atau positif sedangkan asam atau acid menunjukkan tubuh dalam kondisi kurang sehat atau negatif.

KHASIAT JERUK NIPIS BAGI KESEHATAN ORGAN WANITA

Normalnya, tubuh yang seimbang membutuhkan 80% alkali dan sisanya yakni 20% asam (acid) agar tetap stabil di segala cuaca. Namun, kebanyakan kita malah terbalik dalam pemenuhannya. Banyak makanan yang justru memicu peningkatan asam seperti nasi, es krim, cendol, daging, kopi, gula, dan roti yang banyak kita konsumsi.

Sementara makanan (sayur atau buah) yang membangun keseimbangan dengan memberi alkali seperti jeruk nipis malah kita jauhi atau jarang dikonsumsi. Mungkin Anda bingung kenapa jeruk nipis termasuk makanan beralkali. Alasannya, meski rasanya asam, jeruk nipis mengandung acid citric yang bagus untuk dikonsumsi karena memberikan alkali cukup yang nantinya akan menyeimbangkan jumlah asam dalam tubuh.

Sebagai buah yang kaya akan vitamin C membuat jeruk nipis memiliki daya desinfektan dan anti-toksin yang kuat terhadap racun mikroba. Vitamin C juga membantu memperkuat pembuluh darah agar tidak mudah rapuh atau patah sehingga menyebabkan pendarahan kecil.

Apabila kulit Anda tergores pisau dengan luka yang kecil, segera sembuhkan dengan mengusapkan daging buah jeruk nipis pada permukaan kulit yang terkena mata pisau selama beberapa menit. Secara bertahap semua kandungan dalam jeruk nipis akan bekerja sama untuk membersihkan luka akibat pisau. Pengobatan ini juga berlaku untuk kudis, hanya saja Anda membutuhkan bantuan bawang putih untuk melengkapi.

Terjadinya infeksi pada saluran tenggorokan atau istilah penyakitnya adalah radang tenggorokan membuat nafsu makan berkurang karena untuk menelan makanan terasa tidak nyaman. Jika dibiarkan pasti akan menimbulkan masalah lain.

Anda hanya butuh ramuan herbal untuk menyembuhkannya, misalnya dengan menggunakan ramuan herbal dari jeruk nipis. Pertama-tama, peras 3 buah jeruk nipis, kemudian campur dalam setengah gelas air panas, tuangkan sesendok madu dan aduk sampai rata. Gunakan ramuan untuk berkumur selama 3 menit sebanyak 3 kali dalam sehari.

Jika Anda ingin tahu cara menyembuhkan radang tenggorokan selain menggunakan jeruk nipis. Silahkan baca artikel mengenai obat radang tenggorokan tradisional yang sempat ditulis oleh Cakrawala Sehat pada kesempatan beberapa waktu lalu.

Jeruk nipis merupakan salah satu varian dari buah jeruk yang sudah kita kenal. Buah ini tentunya memilikli karakteristik yang berbeda dari buah jeruk lainnya. Bentuk fisik buah ini yaitu bulat dan relatif kecil serta memiliki kulit yang hijau tua. Rasa jeruk nipis sangatlah asam bagi siapapun yang mencicipi daging buahnya. Berkaitan dengan manfaatnya, buah ini sangatlah kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh anda. Lalu, apa saja manfaat dahsyat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh tersebut...???.

Sahabat, tips kesehatan. Jeruk nipis merupakan salah satu tanaman yang layak dibudidayakan dalam skala besar. Karena berdasarkan faktanya banyak sekali aneka produk yang memanfaatkan ekstrak jeruk nipis sebagai salah satu bahan utamanya seperti makanan ringan, permen, produk kosmetik, pasta gigi, produk kecantikan dan bahkan produk pencuci peralatan dapur. Mengkonsumsi jeruk nipis secara langsung juga berperan meningkatkan kesehatan tubuh anda. Tips kesehatan, berikut ini 7 manfaat dahsyat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh anda :

  • Solusi Pencegah Diabetes Yang Efektif. Jeruk nipis mengandung serat larut yang cukup melimpah. Serat larut ini berfungsi untuk mengatur kadar gula di dalam darah. Sehingga tidak akan menyebabkan peningkatan kadar gula didalam darah secara berlebihan.
  • Jantung Yang Lebih Sehat Dan Kuat. Jeruk nipis berperan menurunkan tekanan darah, memusnahkan kolesterol jahat dan mengurangi peradangan pada pembuluh darah yang mana berkontribusi besar pada makin menurunnya penyakit jantung maupun stroke.
  • Pencegah Dari Gangguan Sembelit. Sembelit atau susah air besar merupakan gangguan kesehatan yang sangat menyiksa bagi sebagian orang.Kandungan serat yang cukup tinggi dalam jeruk nipis dapat membantu mencegah gangguan kesehatan yaitu sembelit.
  • Nutrisi Sempurna Untuk Kulit Anda. Air perasan jeruk nipis dapat meremajakan kulit dan membuatnya lebih bersinar, mengurangi bau badan serta menghilangkan ketombe yang menganggu kulit kepala anda.
  • Ampuh Menyehatkan Organ Mata. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang bertindak sebagai antiioksidan alami yang berperan melindungi fungsi mata dari umur yang terus bertambah plus penurunan penglihatan dimasa tua.
  • Penurun Berat Badan Yang Alami. Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang berfungsi membantu membakar lemak dalam tubuh anda. Dalam hal ini, konsumsilah minuman hangat yang berasal dari campuran perasan jeruk nipis dua gelas sehari.
  • Pertolongan Pertama Pada Demam. Sumber vitamin C pada jeruk nipis juga memiliki fungsi untuk menurunkan suhu tubuh akibat demam secara alami. Jadi, jangan langsung panik, jika menderita demam dalam skala ringan maupun sedang.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment